bla

bla
bla

Senin, 19 Maret 2012

JANGAN ANGGAP REMEH SARIAWAN !!!!

Sariawan tak kunjung sembuh adalah gejala awal kanker rongga mulut. Penyakit yang satu ini memang bikin sebal penderitanya. Selain mulut terasa perih dan tidak enak, sariawan bikin selera makan mendadak hilang. Jangan anggap remeh penyakit ini, sebab sariawan bisa jadi tanda penyakit serius seperti AIDS 
dan kanker mulut.
Menurut Drg.Harjanto Budi dari Medical & Dental clinic, jakarta, sariawan ataustomatitis adalah peradangan yang terjadi pada mukosa mulut, ditandai dengan adanya bercak luka pada dinding mulut , bibir bagian dalam,lidah,gusi, serta langit-langit dalam rongga mulut. Penyebab sariawan sampai saat ini masih belum dapat dipastikan. Namun , ada sejumlah faktor yang diduga kuatmenjadi pemicu terjadinya sariawan . “penyebabnya bisa sistemik seperti masalah hormon, penyakit-penyakit tertentu yang manifestasinya di mulut atau orang yang menjalani kemotherapi dan mengonsumsi obat-obatan tertentu jangka panjang dan reaksi alergi. Atau penyebab lokal seperti kebrsihan mulut yang buruk, pemasangan gigi palsu, luka pada mulut karena makanan atau minuman yang terlalu panas . selain itu banyak  penelitian menyebutkan faktor psikologis menjadi penyebab sariawan.
Gejala sariawan ditandai dengan rasa sakit atau nyeri atau rasa terbakar , yang terkadang membuat penderita sulit menelan makanan . Secara general , sariawan bukanlah penyakit berat dan bisa disembuhkan dengan sendirinya. Dalam kondisi biasa, sariawan bahkan bisa sembuh dengan sendirinya secara alami dalam waktu 4 sampai 7 hari, jangan anggap remeh sariawan.
Jika sariawan tak kunjung sembuh, sebaiknya waspada dan segera berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena sariawan yang tak kunjung sembuh bisa menjai gejala penyakit serius. Bisa jadi gejala kanker rongga mulut . kanker rongga mulut antara lain memiliki gejala sariawan berkepanjangan lebih dari dua minggu. Selain kanker rongga mulut, sariawan yang terus menetap hingga berbulan-bulan menjadi gejala HIV/AIDS . karena penyakit gangguan kekebalan tubuh seperti HIV/AIDS dapat menyebabkan tubuh dengan mudah terserang infeksi , terutama luka atau sariawan dalam mulut.
Untuk mencegah sariawan bisa dengan buah TOMAT: bagaimnapun, tindakan pencegahan lebih baik dilakukan . Banyak cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari sariawan, antara lain :
·         Menghindari stress berlebihan
·         Mengonsumsi cukup buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin B2,B5,B12, C dan zat besi
·         Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Pastikan gigi dan mulut selalu terawat dengan baik
·         Menghindari makanan dan obat-obatan yang dapat membuat reaksi alergi pada rongga mulut
·         Mengunyah makanan dengan tenang agar bibir dan lidah tidak tergigit








Sekian tips yang diberikan semoga bermanfaat untuk anda







http://www.gunadarma.ac.id/

1 komentar: