bla

bla
bla

Selasa, 21 Mei 2013

BOOST YOUR IMMUNE SYSTEM



Nobody plans to get sick. Get ready for flu season by eating right, exercising , and limiting booze.

Eat right
Mengkonsumsikan nutrisi dan mineral yang cukup, leaves the body in optimal condition to fight the battle. Ini artinya kita harus membatasi jumlah gula,(karena dapat mengurangi sistem immun) dan makanan berlemak. Sebagai gantinya perbanyak mengkosnsumsi sayur dan buah.
Here what to start eating now :
1.     Chicken soup
Riset membuktikan dapt meringankan inflamasi yang menyebabkan sakit pada tenggorokan. Jangan lupa untuk menambahkan bawang putih dan bawang merah di sup kalian. Bawang putih dengan kandungan allicin dapat melawan bakteri yang menyebabkan flu, sedangkan bawang merah yang mengandung antiviral dapat menyembuhkan batuk.
2.     Yogurt
Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi yogurt dengan kadar rendah lemak, dapat mengurangi peluang kita terkena virus penyakit flu sebesar 25%. Probiotik yang terdapat didalam yogurt dapat membentuk sistem immun tubuh yang kuat da mengurangi kemungkinan virus masuk ke dalam tubuh.
3.     Honey
Madu kaya akan anti oksidan yang bermanfaat meningkatkan sistem pencernaan sehingga tubuh lebih sehat dan  bugar. Selain itu madu juga dapat melawan radikal bebas dan mengontrol gula darah, serta dapat membantu mengembalikan stamina tubuh setelah kita melakukan aktivitas yang berat.
4.     Cabe
Ternayata cabe mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kita karena mengandung vitamin c yang lebih banyak dari jeruk, vitamin A dan antioksidan.
5.     Jamur
Selain sebagai anti kanker, anti diabetes , anti virus dan anti kolesterol, jamur juga dapat meningkatkan stamina tubuh dengan melancarkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Jamur shitake, maitake, dan reishi yang paling besar manfaatnya untuk kekebalan tubuh dan melawan flu.
6.     Sweet potatoes
Ubi mengandung beta caroteen yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Ubi and other orange foods like carrots, squash, pumpkin, egg yolks and cantaloupe are top source.


HAND WASHING

The most important thing you can do too keep from getting sick is to wash your hands. Virus dan bakteri masuk kedalam tubuh kita melalui tangan, hidung dan mulut. Cucilah tangan sebelum makan, minum atau , menyentuh wajah. Perhatikan juga kebersihan benda-benda yang selalu bersentuhan dengan tangan, seperti ponsel, computer dan pegangan pintu.

COVER IT UP

Bagi yang sering menggunakan angkutan umum untuk beraktivitas, sebaiknya menggunakan masker dan menghindari masuknya virus melalui udara.

STRESS LESS

Tingkat stress juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh kita. Ketika stress, kemampuan sistem immun tubuh menghasilkan antigen berkurang. Antigen sendiri berupa zat yang merangsang respon immun terutama untuk menghasilkan antibody.

MANAGE YOUR SLEEP

Dengan tidur teratur selama 7-8 jam dapat meningkatkan mood untuk beraktivitas dan dapat menurunkan jumlah hormon cortisol yang dikenal sebagai penyebab stress. Dianjurkan agar tidur dan bangun dalam periode waktu yang teratur. Jika tidak memiliki waktu untuk tidur selama 8 jam, sebaiknya gunakan waktu yang ada untuk tidur berkualitas.

EXERCISING

Olahraga memiliki peran besar untuk meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih yang mampu melawan virus. Bila ada waktu khusus, bisa digantikan denan turun naik tangga di kampus atau dikantor. Juga bisa dengan turun lebih jauh sedikit yang kita tuju dan dilanjutkan dengan berjalan kaki.




DRINKING ENOUGH WATER

Air putih dapat membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh melalui urine yang kita keluarkan. Beberapa penelitian sudah menunjukan bahwa meminum air putih minimal dua liter sehari dapat meningkatkan sistem metabolisme sebesar 30%.

Sumber : majalah googirl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar