bla

bla
bla

Selasa, 07 Mei 2013

ATTENTION : FIRST JOBBER


First that we need to know
#1. The attitude
Oke, hari pertama nih, begitu sampai di kantor baru, kita dikenalin sama HRD dan seluruh pegawai kantor. Kerena masih malu-malu, kita langsung duduk di meja kerja dan berkutat dengan hal yang harus dikerjain. Bisa-bisa langsung dicap sombong tuh.
Sollution: mungkin kita berfikir darioada sok kenal dan banyak omong, lebih baik diam. Well, nggak juga lho ternyata. Bersikap sopan emang perlu, apalagi sebagai anak baru. Tapi bukan berarti harus malu-malu pasif dan diem aja. Jam makan siang bis ajadi waktu yang pas untuk memulai make friends dan berkomunikasi sama temen-temen selevel.
#2. Gossip salary
Buat first jobber, the most important thing shouldnt be salary, but experience. Tapi kenyataannya masalah gaji ini cukup menyentil dan sensitif. Dalam penelitian yang dilakukan Economic Journal, dari 19 ribu orang di 24 negara 75% nya mengatakan, membandingkan pendapatan itu sangat penting untuk dilakukan. Meski begitu, polling lainnya menyebutkan kalau membandingkan gaji bisa menimbulkan rasa iri.
Sollution: hindari rasa ingin tahu urusan orang, termasuk soal gaji. Karen ahal itu akan membuat suasana kantor kurang nyaman. Ada baiknya juga ngaak terlalu terpengaruh perbincangan temen kerja ketika ngomongin masalah ini.
#3. Working hour
di surat perjanjiankerja, disebutkan jam kantor adalah pukul 08.30-17.30. berarti kita bekerja kurang lebih 8 jam dipotong waktu istirahat. Tapi baru juga hari ketiga, kita udah disuruh kesana-kesini. Kerjaan jadi banyak banget, mana mungkin bisa pulang tepat waktu. Berarti harus lembur nih. Terus kok kadang hari libur harus tetep kerja? Mau protes gak enak gimana dong?
Sollution: sebelum protes lihat dulu kiita kerja di industri apa? Untuk industri kreatif, media dan entertainment misalnya, nggak bisa menentukan jam kerjanya. Karena pekerjaannyamelibatkan banyak pihak di luar kantor, tanggung jawabnya besar dan untuk kebutuhan orang banyak.
Sumber ; majalah googirl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar