bla

bla
bla

Kamis, 10 Januari 2013

Propping a zit correctly


Kadang, susah banget buat menahan diri untuk nggak memencet jerawat supaya nggak ada gundukan kecil di wajah kita. Makanya kita harus paham betul gimana caranya yang tepat untuk memencet dan mengeluarkan isi jerawat. Yuk ikitin step by stepnya.

Preparation :
>> cleans hands
Pastikan kita mencuci tangan samapai bersih. Perhatikan bagian bawah kuku karena banyak kuman yang bersembunyi di baliknya. Usahakan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan wajah, tapi jika terkena pun maka jari tangan kita harus dipastikan bersih dari bakteri dan kuman yang bisa membuat jerawat jadi lebih meradang.
>> Using Cleanser
Sebelum memncet jerawat, usapkan cleanser dengan kapas wajah untuk mengangkat semua minyak, kotoran dan sisa makeup yang masih menempel di wajah, hal ini penting karena pas nanti kita memencet jerawat, kulit akan terbuka kesempatan bakteri intuk masuk.
>> exfolite
Gunakan acne treatment yang mengandung salicyl acid dan kain halus, perlahan usapkan tepat di sekitar jerawat. Jangan menggunakan foam yang permukaannya kasar karena jerawat bisa pecah secara nggak sengaja. Exfoliation berguna untuk mengangkat sel kulit mati, melonggarkan permukaan kulit yang berjerawat sehingga mempermudah keluarnya jerawat itu.

Examination
>> is it ready ?
Supaya nggak ada bekasnya, bedakan mana jerawat yang bisa dipencet dan maan yang belum bisa dipencet. Biasanya terlihat dari warna. Jerawat yang sudah matang berwarna lebih gelap, bukan merah muda atau merah, dan jika disentuh nggak akan tersa ngilu .
>> Find the center
Temukan bagian tengah atau puncak dari jerawat, lalu letakan jari di kedua sisi-sisinya . jangan langsung menekan ke arah tengah. Coba untuk menarik sisi-sisinya ke arah luar , karena kulit yang sudah terkelupas akan lebih mudah untuk mengeluarkan jerawat.



Post-exam
>> Antiseptic gel
Setelah isi jerawat keluar, yang perlu kita siapkan adalah antiseptik gely yang mengandung salicyl acid. Usapkan perlahan di bagian kulit yang merekah. Gel ini berfungsi untuk mempercepat pengeringan dan pemulihan kulit yang terbuka . jadi wajah kita bersih dari bekas pencetan jerawat.
>> Band aid
Kalau udah terlanjut memencet jerawat terlalu keras sampai ada luka , ambil aspirin hancurkan lalu teteskan dengan air putih dan campur. Setelah mengental , taruh di bagian kulit yang luka lalu tutup dengan plester band . besoknya luka kita cepet kering.
>>> Disarankan kalau ada jerawat biasa lebih baik di diamkan aja karena memang bakal hilang sendiri walaupun agak lama.


Sumber : go girl magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar